Header Ads

Untuk Amaq Asrul, Jama’ah Lombok Tengah ini bukan hanya Sami’na Waata’na

Amaq Asrul / Ali BD di Datok Lopan Center
SIMPULNTB.COM. Jika semeton Lombok, NTB mengenal popularitas makam Wali Ketak sebagai wisata religi yang sangat tersohor di Lombok Tengah, bahkan sampai mancanegara, karena merupakan tempat dimakamkanya Almagfurllah Tuan Guru Haji Lalu Muhammad Sholeh atau Tuan Guru Lopan maka sumber ini adalah bagian dari trahnya. TGH. Makmur Shaleh beliaulah orangnya.

“Kesan Saya kepada Ali BD adalah beliau satu-satunya harapan bagi masyarakat. Baik masyarakat kecil mau pun masyarakat besar. Tidak ada yang lain selain Ali BD, yang begitu besar kepeduliannya terhadap masyarakat,” tegas TGH. Makmur Sholeh. ketua Yayasan Datok Lopan Center, Lombok Tengah.

TGH. Makmur Sholeh juga mengatakan bahwa Ali BD termasuk nashab atau keturunan dari Tuan Guru, bukan pengaku-ngakuan. Ali BD disaksikannya adalah benar-benar keturunan dari Ulama yaitu Tuan Guru H. Umar dari Kelayu. “Jadi, dulu Datoknya Tuan Guru H. Umar Kelayu itu adalah gurunya Datok Lopan. Dimana Datok Lopan itu datok saya sendiri,” lanjutnya.

Tuan Guru yang dikenal gemar berdendang ini juga memaparkan hubungannya dengan Ali BD terkait erat dengan hubungan seorang syuriah dari guru ke guru, “Maka wajib hukumnya Saya untuk mendukung yang namanya Ali BD itu. Bukan sunnah, tetapi ini wajib. Karena nashab dari guru itu sebagai wujud “Sami’na Waatho’na” kita kepada guru dari Datok Saya,”tegasnya.

Bukan hanya karena ada ikatan itu Ali BD didukunganya, namun juga karena ada dorongan Jamaah. Diceritakannya bahwa jamamah Majelis Ta’lim Datok Lopan Center sangat antusias mendukung Ali BD. “Kesan yang paling utama seperti yang saya tulis di spanduk yang bertuliskan Ali BD Sosok Yang Cocok Untuk Masyarakat NTB Setelah TGB. (Lihat Spanduk.red)

“Insya’allah dalam waktu dekat ini, kita akan buatkan lagu khusus untuk Ali BD, dan saya sendiri yang akan menyayikannya,” demikian TGH. Makmur Shaleh (Simpul/03).

PENGUMUMAN

Dalam rangka melengkapi inspirasi sahabat Simpul terkait Jurnal, Cara, Kisah, dan Kiprah, maka jangan lupa tonton petikan Video seperti pada LINK ini. Video tersebut merupakan petikan dari pesan Gubernur Dr. TGB. KH. Muhammad Zaunul Majdi, MA dalam Agenda media kesayangan Anda SIMPULNTB.COM untuk bersama belajar dari Hikmah dan Mutiara Kata Tokoh dan Ulama' NTB

No comments