Header Ads

Kenali, Wajah Baru Dinas Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur,
drg. H. Asrul Sani,M.Kes
SIMPULNTB.COM. Sejak tahun 2017 ini, Dinas Kesehatan Lombok Timur memiliki wajah baru. Hal tersebut, karena perubahan nama bidang, seksi, dan ruangan dari masing-masing bagian banyak yang berbeda, hanya bagian sekretariat yang tetap memiliki nama yang sama. Ruangan serta kepala sub bagian juga masih istiqomah.   
Pada bagian sekretariat, Dinas Kesehatan Lombok Timur terdiri dari tiga bagian yaitu Sub Bagian Keuangan, Sub Bagian Umum dan Kepegawaian (Umpeg) dan Sub Bagian Program dan Pelaporan (Propel).

Perubahan atau perbedaan terlihat mulai dari masing-masing bidang. Infokes membahasnya dari bidang Kesehatan Keluarga (Kesga)

Bidang Kesga, kini berubah namanya menjadi Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas). Bidang Kesmas terdiri dari tiga seksi, yaitu seksi kesehatan keluarga, seksi promosi dan pemberdayaan kesehatan masyarakat (Promkes)  dan seksi Gizi.

Perubahan pada bidang ini terletak pada nama dan seksinya. Dulu seksi kesehatan keluarga bernama Seksi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Selanjutnya adalah seksi Promkes.  Seksi ini dulu ada di Bidang Promkes dan PSM. Ruangan seksi ini juga pindah menggantikan Seksi Kesehatan Remaja dan Lanjut Usia (Remasila) yang namanya terhapus dari bagan organisasi.

Satu lagi, seksi yang ada di Bidang Kesmas yaitu seksi Gizi. Seksi ini tetap pada posisi semula, dalam hal ini ruangan dan nama. Yang berubah hanya nama bidangnya saja, yaitu dari bidang Kesga yang berganti nama menjadi Bidang Kesmas.

Bidang selanjutnya adalah Bidang Penyehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit (P2PL). Perubahan pada bidang ini hanya terlihat dari segi nama seksinya yang secara langsung bisa dilihat di bagan atau struktur organisasi.

Bidang selanjutnya adalah Pelayanan Kesehatan. Bidang ini memiliki dua nama seksi yang berbeda yang bisa dilihat di bagan organisasi. Sedangkan satu seksinya lagi yaitu seksi kefarmasian, makanan dan minuman tetap dibidang yang sama dan tidak berubah nama.

Selanjutnya bidang yang masih asing adalah bidang Sumber Daya Kesehatan dan Litbang. Sebagaimana bidang yang lain, bidang ini juga memiliki tiga seksi.  Bidang ini juga memiliki nama seksi yang masih asing, yaitu Seksi Pengembangan SDM Kesehatan dan Seksi Sarana Prasarana dan Kesehatan.

Terdapat seksi pindahan yang mutasi ke bidang ini yaitu seksi Pembiayaan Kesehatan yang dulunya ada di Bidang Promkes. Dulu seksi Pembiayaan Kesehatan bernama seksi Jaminan Penyelenggaran Kesehatan Masyarakat (JPKM). 

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, drg. H. Asrul Sani, M.Kes menjelaskan, dari segi nama dan posisi memang berubah, namun dari segi program dan layanan semuanya sama. Bahkan dengan perubahan struktur tersebut, pihaknya berharap Tugas dan Fungsi di Dinas Kesehatan lebih terarah dan hasilnya bisa ditingkatkan (simpul/o1)