Header Ads

Tuan Guru M. Zainudin Arsyad dan Marakit Ta'limat, 65 Tahun Multi Kiprah

Pendiri dan Penerus Yayasan Marakit Ta'limat Mamben, Wanasaba
SIMPULNTB.COM. Tuan Guru M. Zainudin Arsyad adalah pendiri Yayasan Pondok Pesantren Maraqitta'limat yang berlokasi di Desa Mamben, Kecamatan Wanasaba, Lombok Timur, NTB. Ulama’ ini merupakan salah seorang tokoh agama yang pada waktu itu sangat gigih menentang penjajahan jepang di Indonesia.

Tuan Guru M. Zainudin Arsyad merupakan putra dari salah seorang ulama yang bernama Tuan Guru Muhammad Arsyad. Dalam catatan sumber, Ayah dari Tuan Guru M. Zainudin Arsyad ini pada masanya pernah  memimpin langsung penyerangan ke markas Jepang yang terletak di Wanasaba.

Sumber juga menyebutkan, bahwa seorang santri gugur, dalam peristiwa tersebut. Menjadi sebuah pelajaran bagi pembaca Simpul, bahwa inilah bagian dari perjuangan para tokoh. Tuan Guru M. Zainudin Arsyad yang kemudian redaksi sebut sebagai pondasi dasar (dari berbagai sumber) terkait Yayasan Pondok Pesantren Marakit Taklimat, pada masa kanak-kanak dikenal dengan nama Muhammad Zainuddin.

Pada usia sekitar empat tahun,  Muhammad Zainuddin dikirim olehnya ke Makkah Al-Mukarromah untuk menimba ilmu. Al-Mukarram Tuan Guru Zainuddin, berangkat menuju kota suci meninggalkan kampung halaman, keluarga, ayah, ibu, saudara serta nostalgia lainnya karena sebuah kewajiban. Menuntut ilmu, yang kemudian, kini terbukti bisa dinikmati bersama, yaitu berdirinya Yayasan Pondok Pesantren Marakit.
Taklimat.

Ngiring Baca Bacaan Terkait :



No comments