Header Ads

Sarapan Penting dan Jangan Diabaikan, Inilah Pesan Dokter Asrul



SIMPULNTB.COM. Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, drg. H. Asrul Sani,M.Kes pada Pembukaan Pekan Sarapan Nasional (Pesan) tahun 2017 yang dipusatkan di SDN 3 Pancor 14 Februari 2017 berjalan sukses.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, drg. H. Asrul Sani langsung bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, L. Suandi masuk kelas membimbing dan membukakan dulang sarapan (nyampah) untuk anak-anak. Mereka  langsung di damping Kepala Bidang masing-masing.

Ada Kepala Bidang Kesmas pada Dikes Lotim, (Suardi, SKM) Kepala Bidang SD pada Dikbud Lotim (Muhir, S.Pd) serta Kepala Seksi Promkes, Hazrin dan Kepala Seksi Gizi, Ibrahim, SKM. Ikut serta tuan rumah mendampingi, Kepala SDN 3 Pancor, Toyib Ali dan guru-guru yang ada di sekolah setempat.

Berikut ini adalah manfaat penting sarapan, sebagai gambaran umum apa yang disampaikan dokter Asrul saat Pekan Sarapan Nasional.

  • Memberikan Energi Lebih
    Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari dan energi tersebut dapat diperoleh dari sarapan pagi. Hal ini membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah.
  • Menyegarkan Otak
    Manfaat sarapan juga baik untuk otak Anda. Otak juga mendapatkan nutrisi dari sarapan sehingga otak Anda dapat berpikir lebih baik dan cepat.
  • Menjaga Konsentrasi
    Sarapan juga diketahui dapat memperbaiki kemampuan berpikir Anda dan menjaga Anda agar tetap fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas.
  • Mencegah Penyakit Maag
    Sarapan pagi membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag.
  • Menyehatkan Tubuh
    Sarapan pagi membuat tubuh terhindar dari kolestrol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolisme sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol berkurang.
  • Menghindari Makan Tak Terkontrol
    Sarapan pagi menghindarkan Anda dari rasa lapar berlebih. Jika tidak sarapan, yang terjadi adalah rasa lapar mengakibatkan porsi makan siang menjadi lebih banyak dan mengonsumsi banyak camilan. Dari camilan-camilan inilah dapat menyebabkan kegemukan.
  • Menambah Nutrisi dan Meningkatkan Energi Tubuh
    Sarapan menyediakan proporsi asupan total nutrisi sepanjang hari secara signifikan dan menawarkan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi seperti zat besi, serat dan vitamin.
  • Penurunan Berat Badan Tubuh
    Mengkonsumsi makanan sehat pada saat bangun tidur dapat memberi peningkatan metabolisme tubuh, jika Anda sedang dalam program diet, hal yang diinginkan adalah meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak
  • Koordinasi Tubuh Lebih Baik
    Manfaat sarapan pagi bagi tubuh yakni mengkoordinasi tubuh untuk menjadi lebih baik. Anda yang memiliki masalah pada keseimbangan tubuh bisa memperbaikinya dengan mengkonsumsi sarapan pagi secara teratur.
  • Mengurangi Resiko Stres
    Dalam keadaan perut kosong di pagi hari dengan aktifitas padat serta tekanan pekerjaan yang tinggi dan ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak baik akan membuat Anda mudah stres. Maka, manfaat sarapan pagi itu adalah mengurangi resiko stres tersebut.

Sekilas, Pekan Sarapan Nasional di Kabupaten Lombok Timur mulai populer sejak tahun 2016, dalam 1 tahun kepemimpinan drg. H. Asrul Sani,M.Kes.   Sementara secara Nasional digaungkan sejak 2013 sejak dideklarasikan oleh organisasi profesi ahli gizi dan pangan, seperti PERGIZI PANGAN Indonesia, PERSAGI, PDGMI, dan PDGKI. (simpul/05)