Header Ads

Bahaya Jaringan Pedofilia, Pihak Facebook Diminta Mengawasi

Berita di Kompas mengabarkan Aktivis dari ECPAT dan ICJR mendesak stakeholder terkait merespons dan mencegah perkara Pedofilia agar tidak semakin meluas. Koordinator Pelayanan Hukum ECPAT Indonesia Rio Hendra meminta pihak Facebook secara aktif berperan dalam mengawasi aktivitas menyimpang di dalam sistemnya.

Baca dan Share :
Sebarkan, Kiprah dan Hikmah Berita terkait Pedofilia
Bahaya Jaringan Pedofilia, Pihak Facebook Diminta Mengawasi
Tolong Share, Ikut Cegah Bahaya Pedofilia!!!
Tolong Share dan Ikut Cegah Bahaya Pedofilia!!!
Lindungi Anak Dari Bahaya Pedofilia
Cara Melindungi Anak dari Pedofilia ala Dokter


Pihak Facebook juga diharapkan secara aktif berkolaborasi dengan aparat hukum di Indonesia. Misalnya dengan memberikan informasi tentang para pelaku kejahatan anak di dalamnya. ICJR dan ECPAT juga minta Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk melindungi anak-anak yang menjadi korban kejahatan seksual orang dewasa.

Anak-anak yang menjadi korban itu harus mendapatkan rehabilitasi psikologis agar tidak berujung pada trauma berkepanjangan dan pada akhirnya juga menjadi pelaku kejahatan seksual di masa mendatang.
Direktur Eksekutif Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) Supriyadi Widodo Eddyono juga mendesak Kementarian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Kementerian Sosial dalam rangka rehabilitasi itu.

Tidak hanya itu, Polri sebagai penyidik perkara itu juga mesti mengungkap secara tuntas. Bahkan, libatkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mengungkap adanya transaksi keuangan dari kejahatan anak yang sudah berkembang menjadi bisnis.

Diberitakan, polisi berhasil mengungkap grup Facebook berisi ratusan gambar, video serta tulisan terkait pedofilia. Grup yang berisikan 7.000 akun member itu ternyata juga diikuti anak-anak. Polisi sendiri sudah menangkap empat orang. Dua di antaranya masih berusia di bawah 17 tahun. (simpul/5)

No comments