Header Ads

Membaca Potensi Alam Desa Beriri Jarak

SUMBER. gemaalam.org
KIPRAH. GEMAALAMNTB.ORG. Masih dari acara FGD yang dilaksanakan di Desa Beriri Jarak,Kecamatan Wanasanaba, Lombok Timur, beragam Potensi Alam ada di tersebut. Dalam informasi ini, fokus membahas Kondiri Gawar Gong. Gawar adalah bahasa masyarakat setempat yang maksudnya adalah hutan.

Salah satu anggota BPD Desa Beriri Jarak mengungkapkan kondisi  di hutan Gong saat ini  kayu yang ditanam sudah banyak, namun tidak bisa tumbuh, hal ini disebabkan dari cara penanaman yang terlalu tebal.

Lebih dalam terkait Desa Beriri Jarak, dalam FGD tersebut ditemukan hasil identifikasi potensi yang ada di dalam kawasan hutan diantaranya adalah Air, Kemiri, Pakis, Jenis burung,Jamur, Panorama Alam, Sungai, Kayu bakar, Buah Nangka, Kebun bambu di sekitaran hutan, Daun sirih,Temu lawak, dan lain-lain.

Dari sekian potensi yang ada, yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menambah pendapatan keluarga diantaranya; Pakis, Jamur, Daun sirih, Kayu bakar, Nangka dan Kemiri. 

Selain itu, dari informasi yang muncul Potensi Gawah Gong banyak dimanfaatkan untuk lokasi perkemahan, Ritual adat (ngayu ayu) yang dilakukan dalam 1x dalam 5 tahun, lokasi Pemandian, Pemenuhan air bersih dan irigasi, Rekreasi dan sebagai jalur tracking Rinjani.

No comments