Header Ads

Gema Alam NTB Temukan Potensi Rock Climbing di Gawar Gong

SUMBER : gemaalamntb.org
SIMPULNTB. KIPRAH GEMA ALAM Gerakan Masyarakat Cinta Alam (Gema Alam NTB) menemukan beragam potensi yang ada di Gawah Gong. Temuan tersebut terungkap dalam Fokus Group Discussion yang dilaksanakan di Desa Beriri Jarak, Kecamatan Wanasaba, Lombok Timur.

Pada tahap awal Gema Alam NTB yang didukung oleh OXPAM melalukannya  dengan cara menggali informasi terhadap perkembangan kondisi kawasan hutan yang masuk dalam area Desa Beriri Jarak. Kegiatan FGD ini dihadiri oleh 21 orang yang terdiri dari kaki-laki 16 orang dan Perempuan 5 orang.

Dalam perjalanan FGD, dipaparkan berdasarkan hasil survey ada 37 buah mata air yang masih aktif. "Kondisi hutan masih tetap sama, tidak ada penebangan liar tapi banyak terjadi penambangan batu," papar salah satu pemuda dalam FGD tersebut.

Selain kondisi tersebut, ditemukan pula potensi terkait ekowisata. Potensi ini dikabarkan ada di air numpas, desa setempat. Dari hasil survey dengan KPH bahwa Hutan Gong ini cocok untuk tempat wisata "Wisata yang bagus untuk dibuat disini adalah Rock Climbing dengan memanfaatkan tebing alami,"lanjutnya.(SIMPUL/05
)

No comments