Header Ads

Dasar Hukum Petisi dan Manfaatnya dalam Memacu Kebijakan

SimpulNTB.COM. Seberapa efektif petisi di Indonesia untuk mengusulkan kebijakan? Demikian pertanyaan salam sebuah artikel di BERITAGAR.ID. Situs ini terinspirasi dari catatan situs Change.org yang mengklaim enam petisi yang pernah "menang". Ia juga memafarkan, walau petisi tak menang, banyak yang berhasil mengundang tanggapan pejabat pemerintah. Misalnya, petisi soal JHT, dan lumba-lumba liar di Bali.

Terkait Dasar Hukum, menurut aktivis reformasi hukum dan sistem peradilan, Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Anggara Suwahju, petisi di Indonesia merupakan hak yang diatur dalam UU No 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM). Namun, diungkapkan bahwa tidak ada aturan yang mewajibkan pemerintah Indonesia merespon petisi, dalam kondisi apapun.

Kondisi ini berbeda dengan aturan di Amerika Serikat (AS).Lembaga kepresidenan Amerika Serikat, Gedung Putih, membuat inisiatif bernama We the People. Layanan petisi daring yang dibuat sejak 2011 dan resmi diselenggarakan pemerintah AS sejak 2014 itu, bisa memaksa pemerintah merespon petisi dengan kondisi tertentu.

Dijelaskan di situs We the People, sebagaimana yang kami kutip dari BERITAGAR.ID. petisi yang mendapat lebih dari 100 ribu pendukung, dalam waktu 30 hari sejak dibuat, harus direspon pemerintah. Sedangkan petisi yang gagal mendapat 150 dukungan dalam 30 hari, tak akan muncul dalam sistem pencarian. Artinya, netizen tak akan bisa menemukan petisi dimaksud.

TEMPO.CO.ID mencatat munculnya Gerakan Occupy Wall Street yang kemudian diikuti dengan Musim Semi di Arab, yang mampu menjatuhkan para tiran seperti Presiden Hosni Mubarak, menunjukkan bahwa perubahan tidak lagi bergantung pada actor-aktor besar, seperti tokoh, NGO, kaum selebritas ataupun media massa.

Di Indonesia, Gerakan Satu Juta Facebooker mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi dan Koin Untuk Prita dalah contoh betapa perubahan bisa dilakukan siapa saja dan dari mana saja. Tren seperti itulah yang ingin coba disebarluaskan oleh Change.org Indonesia lewat pengajuan petisi online. Change.org merupakan platform petisi online yang menjadi alat bagi setiap orang untuk mengajukan petisi kepada siapa pun.

No comments